Rusia Coba Menghindarkan Tumbukan Asteroid

Liputan6.com, Moskow: Kumpulan asteroid besar dikabarkan akan melintas dekat bumi pada 2030 mendatang. Kepada Voice of Russia, Kamis (31/12), Kepala Badan Antariksa Rusia (Roscosmos) Anatoly Perminov mengatakan pihaknya akan mengadakan pertemuan tertutup. Terutama, membahas pengalihan asteroid yang lewat di dekat bumi pada 2030.

Pada Oktober silam, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan bahwa ada satu dari 250.000 asteroid apophis kemungkinan menabrak bumi pada 2036. Perhitungan sebelumnya pun menunjukkan peluang satu dari 45.000 asteroid. Dan sebuah asteroid diperkirakan mendekati bumi dengan jarak sekitar 30.000 kilometer pada 2029.

Perminov memberikan sedikit detail dari setiap rencana. Hanya saja, menurut dia, untuk sebuah solusi tidak akan memerlukan penggunaan senjata nuklir.

Skema lain yang telah dikemukakan di masa lalu untuk pengalihan tabrakan asteroid termasuk kursus pesawat ruang angkasa yang mendorong ruang batuan keluar dari lintasan melalui kekerasan. Atau mengalihkan asteroid dengan "layar matahari", yakni menggunakan partikel angin yang dikeluarkan dari matahari.

"Nyawa orang-orang menjadi taruhan," kata Perminov. "Kita harus membayar beberapa ratus juta dolar dan membangun sebuah sistem yang akan memungkinkan kami untuk mencegah tabrakan ketimbang duduk dan menunggu hal itu terjadi dan membunuh ratusan ribu orang."(RST/ANS)

0 comments:

Posting Komentar