Amazon Kindle!

Amazon Kindle adalah perangkat lunak dan perangkat keras yang dikembangkan oleh Amazon untuk menyimpan dan menampilkan buku elektronik dan media digital lainnya. Perangkat keras Kindle menggunakan tampilan kertas elektronik E ink yang mempunyai tingkatan warna abu-abu. Teknologi elektronik papaer digunakan untuk mendesain layar displaynya, teknologi layar beresolusi tinggi ini yang membuat display Kindle menjadi seperti kertas biasa dan tidak menyakitkan mata. Jika elek tronik paper masih belum cukup, bagaimana dengan koneksifitasnya yang menawarkan 3G dan Wi-Fi yang dapat diakses dimana saja, yang memungkinkan Kindle melakukan bookmak, search, dan akses Wikipedia..

Kindle atau e-book reader diramalkan akan menggantikan buku dalam versi cetak, karena berbagai faktor antara lain adalah bahan baku kertas yang terus melambung tinggi. Jadi jika kelak e-book reader telah menggantikan buku versi cetak, maka akan memberikan dampak positif bagi penyelamatan lingkungan. Antara lain mencegah global warming sebagai efek dari penebangan hutan. Hal ini telah membuat saya semakin jatuh cinta pada Kindle.

 Jika tersedia jaringan wireless kita bisa langsung browsing tanpa komputer, untuk membeli Kindle books bisa langsung dari Kindle. Anda cukup browsing judul yang tersedia di database Amazon, sedangkan biaya koneksi wirelessnya di tanggung oleh Amazon , dan anda cukup membayar harga koran / e-book yang lebih murah daripada versi cetaknya. Hanya sayangnya di Indonesia belum tersedia jaringannya,  jaringan wireless yang dimaksud bukan Wifi, melainkan Ev-Do seperti ponsel CDMA. Jadi untuk kita di Indonesia , cukup membeli Kindle books yang di download ke komputer, lalu transfer ke Kindle .

Kindle2 telah meningkatkan kapasitasnya menjadi 2GB , bisa menampung 1500 judul . Kindle juga menaruh tombol Qwerty yang sangat ergonomic dengan jari ketika sedang mengetik , sedangkan Kindle 1 hanya memakai tombol navigasi . Baterainya dengan wireless mode aktif bisa bertahan 4 jam , jika hanya digunakan untuk membaca bisa tahan hingga 2 minggu . Kedua Kindle ini tetap menggunakan teknologi 3G hingga tidak perlu cari - cari hotspot , dan masih tersedia built-in dictionary ( kamus yang tersedia pada Kindle ) , untuk membantu ketika menemukan kata yang sulit dalam bacaan anda. Body-nya yang tipis dan layarnya berukuran 6" dengan teknologi e-paper tidak menimbulkan pantulan cahaya, apalagi Kindle mempunyai fitur yang bisa membesarkan dan mengecilkan tulisan, sehingga sangat memberikan kenyamanan ketika anda membaca.

Untuk Kindle 2 seharga US$369 ( atau sekitar Rp 4 juta-an ) lengkap dengan cover, charger, dan kabel data. Mungkin di benak anda berkata kok kemahalan, ya? Kindle ibaratnya perpustakaan / rak buku di rumah yang berada di genggaman anda. Bisa jadi di kemudian hari anak anda tidak perlu lagi bawa buku ke sekolah karena buku cetaknya sudah dalam bentuk digital. Bahkan koran pun akan bertransformasi dalam bentuk digital sebagai akibat dari tuntutan jaman ( lihat artikel Kompas ) .

Kalau Blackberry saja bisa booming di Indonesia kenapa Kindle tidak? Apalagi jika manfaatnya yang luar biasa dengan harga yang kurang lebih sama dengan Blackberry saya yakin Kindle bisa banyak penggemar di Indonesia. Pepatah lama mengatakan membaca bagai memandang jendela dunia. Jadi jika anda sudah tidak sabar ingin segera memiliki Kindle 2 , silahkan mencarinya di sini .

0 comments:

Posting Komentar