Gerhana Terlama Abad Ini

Tahukah Anda bahwa Rabu (22/7) pagi ini akan menjadi hari bersejarah? Pasalnya, akan berlangsung gerhana matahari total yang menurut para ahli merupakan gerhana matahari total terlama di abad ini. Gerhana matahari total kali ini dapat dilihat di India, Nepal, Myanmar, Bangladesh, Bhutan, serta negara-negara ras kuning. Sementara warga di negara Asia lain hanya dapat menyaksikan sebagian gerhana.

Untuk bisa menyaksikannya, beragam cara digelar. Kaum Hindu di India, misalnya, mempersiapkan diri secara khusus dengan menyucikan diri di Sungai Gangga. Tujuan membersihkan diri di Sungai Gangga adalah melebur segala kesalahan dan dosa serta memohon keselamatan kepada Yang Maha Kuasa. Bagi kaum Hindu di Kota Suci Varanasi, gerhana bulan atau matahari identik dengan bencana. Menurut kepercayaan mereka, setan marah kepada bulan atau matahari. Terlebih lagi di tempat ini juga tersiar ramalan bahwa gerhana kali ini merupakan pertanda terjadinya perang dunia ketiga.

Lain lagi dengan di Cina. Sehari sebelum terjadinya gerhana matahari total itu, warga Beijing bersemangat membeli alat sejenis kacamata yang dilengkapi filter cahaya. Dengan kacamata tersebut, warga bisa menyaksikan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga mengakibatkan gelapnya bumi selama enam menit itu.

Sebagian besar warga juga memadati planetarium Beijing. Antusiasme warga membuat pihak Planetarium berencana memproyeksikan bentuk matahari dari teleskop ke layar berukuran 1,8 meter. (UPI/YUS)

sumber: Liputan6.com, Varanasi

0 comments:

Posting Komentar